Rektor ITS: Teknologi Motor Listrik GESITS Sekelas Tesla

BOGOR (DP) — GESITS menjadi sepeda motor bertenaga listrik pertama buatan Indonesia sepenuhnya. Dibangun dan dikembangkan oleh mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang digawangi Dr. M. Nur Yuniarto, beserta dukungan dari perusahaan swasta nasional Garansindo Group dan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

Perjalanan GESITS cukup lama hingga dari purwarupa ke model yang siap diproduksi. Setelah riset selama 7 tahun hingga akhirnya siap memasuki tahap produksi bukanlah hal mudah.

Joni Hermana, selaku Rektor ITS mengakui, riset yang dilakukan terhadap pembangunan GESITS benar-benar selektif sehingga bisa menghasilkan produk yang berkualitas.

“Garansindo memiliki pengalaman yang sangat luar biasa dalam hal impor mobil mewah, jadi standar yang diberikan oleh Garansindo pun kepada kami sangat tinggi. Saya boleh bilang, untuk segi teknologi GESITS sangat kompetitif bisa dibilang sekelas Tesla,” kata Joni, di Bogor, Jum’at (18/8).

Joni menambahkan, ketatnya standardisasi yang diberikan oleh Garansindo dengan tujuan agar riset yang dilakukan tidak sia-sia, dan menghasilakn produk berkualitas yang bisa bersaing ke pasar internasional.

“Misi kami hanya ingin membuktikan, kalau kami bisa melakukan semua itu, mulai dari riset sampai produksi dan dipasarkan, tujuan kami ingin memberikan produk asli karya anak bangsa yang bisa dinikmati juga oleh masyarakat Indonesia,” tegasnya.

Muhammad Al Abdullah, CEO Garansindo Group menambahkan, pengembangan yang dilakukan bersaam ITS memiliki misi mampu menghadirkan produk yang memiliki daya tahan yang baik, dan bisa bersaing di dunia internasional.

“Target kami bukan hanya untuk pasar dalam negeri, tapi juga ekspor, oleh karena itu, riset yang dilakukan harus benar-benar matang, supaya produk yang dihasilkan bisa bersaing dengan produk internasional,” tambah pria yang akrab disapa Memet.

Akhirnya, setelah melalui berbagai tahapan dalam pengembangan, GESITS akhirnya mendapatkan tempat pembuatannya di jalur produksi milik perusahaan plat merah (BUMN), PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi (WIKON), Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. [dp/Ric]

Sumber: https://dapurpacu.com/350727/rektor-its-teknologi-motor-listrik-gesits-sekelas-tesla/

Comments:0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *